Tanpa anda sadari, ada banyak produk perawatan kulit si kecilĀ  yang mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan si kecil. Anda harus selalu teliti dan juga selektif dalam pemilihan produk perawatan kulit si kecil agar aman dan juga tidak menyebabkan iritasi atau alergi.

Hindari kandungan 4 bahan kimia berbahaya ini

  1. Formalin

Formalin atau bahan pengawet biasanya ditambahkan pada produk berbasis air. kandungan formalin pada tisu basah biasanya ditambahkan untuk mencegah pembentukan jamur. Untuk menghindari bahaya yang dapat menyerang kulit si kecil yang terpapar formalin anda harus jeli.dalam memeriksa kandungan produk sebelum membeli.

  1. Sodium lauryl sulfate (SLS)

Sodium lauryl sulfate atau yang biasa dikenal dengan sebutan SLS biasanya sering ditemukan pada produk Sabun mandi cair bayi bayi baru lahir, sampo, dan juga bahkan produk pembersih peralatan bayi ataupun juga dapat terkandung di dalam sabun cuci pakaian si kecil.

Adanya kandungan SLS dalam produk yang digunakan si kecil berbahaya karena dapat menyebabkan kulit kering, dan bahkan iritasi hingga meradang dan juga mengelupas berisi cairan. Paparan SLS dalam waktu lama juga dapat menyebabkan bahan kimia lain menjadi lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh si kecil

  1. Talc

Talc yang merupakan mineral bubuk digunakan sebagai pengering. Namun tahukah anda bahwa ternyata talc dapat menyebabkan iritasi paru-paru dan mungkin saja menyebabkan kanker karsinogenik. Bahaya yang disebabkan kandungan talc akan lebih besar lagi jika penggunaannya terkontaminasi dengan asbes yang bisa menyebabkan mesotheliomia atau kanker paru mematikan.

  1. Triclosan

Kandungan triclosan biasanya terdapat pada produk perawatan kulit anti bakteri. Meskipun pada dasarnya produk ini digunakan dengan alasan untuk menjaga si kecil dari bakteri, namun lingkungan yang terlalu bersih ternyata tidak bagus untuk perkembangan si kecil.

Lingkungan yang terlalu bersih justru bisa menghambat kemampuan tubuh si kecil untuk menciptakan sistem kekebalan tubuh yang tumbuh secara alami. Hal ini akan menyebabkan kemungkinan si kecil mengalami alergi karena tubuhnya tidak terlatih secara alami untuk melawan bakteri.

Selain kandungan bahan kimia berbahaya, kunjungi laman berikut ini untuk mengetahui kadar pH yang diperlukan dalam sabun mandi cair untuk bayi. https://www.sleekbaby.co.id/1000-hari-perlindungan/detail/ingin-menggunakan-sabun-mandi-cair-untuk-bayi-perhatikan-lebih-dulu-kadar-ph-yang-dimilikinya.