Salah satu aspek utama yang nantinya akan dinilai oleh HRD ketika mencari karyawan baru diantaranya adalah dengan melihat CV mereka, sehingga tidak semua orang yang memasukkan lamaran kerja nantinya akan langsung dipanggil untuk wawancara. Sehingga pastikan bahwa Anda membuat CV yang semenarik mungkin, jadi paling tidak bisa masuk ke tahapan pertama wawancara kerja tersebut.

Berikut ini diantaranya beberapa tips penting bagi Anda yang akan membuat curriculum vitae pekerjaan. Agar nantinya CV bisa lolos ke tahapan interview, yaitu:

  1. Buatlah desain yang simple namun tetap menarik, hindari tampilan CV yang terlalu ramai atau bahkan juga terlalu polos sehingga terkesan memang tidak berniat dalam membuat surat lamaran kerja. Akan jauh lebih baik jika seandainya Anda membuat yang sesimple mungkin.
  2. Jika perlu tambahkan halaman Linkedln, karena memang para profesional mayoritas sudah menggunakan Linkedln ini, apalagi untuk mereka yang pada dasarnya memang serius untuk berkarir, sehingga HRD bisa langsung melihat dari sini.
  3. Perhatikan juga jabatan yang diinginkan, hari-hati memilih jabatan dimana memang Anda belum pernah memiliki pengalaman di bidang tersebut sebelumnya, karena pasti akan sangat sulit mendapatkannya. Jika memang belum ada pengalaman maka nantinya bisa pilih yang jauh lebih umum.
  4. Mendeskripsikan diri dengan singkat namun padat, artinya tidak perlu menuliskan secara bertele-tele, cukup yang singkat dan juga padat setidaknya sudah menggambarkan mengenai diri Anda, jadi tidak akan membuang-buang waktu.
  5. Isilah riwayat kerja yang dimiliki, khususnya adalah pengalaman kerja yang berhubungan dengan bidang yang ingin dilamar tersebut, ini nantinya akan menambah nilai lebih.
  6. Menambahkan soft skill, hal yang paling penting untuk dicantumkan, misalnya adalah memiliki keahlian berbahasa inggris yang memang sekarang jadi salah satu syarat penting untuk melamar kerja di perusahaan besar. Untuk itu tak ada salahnya mulai mengambil les bahasa inggris bisnis untuk profesional jika kemampuan berbahasa asing belum begitu handal, akan jadi nilai lebih baik Anda, pilih yang berkualitas seperti English First.

Mudah bukan.