Tips Belanja Secara Aman di Supermarket Agar Tidak Terinfeksi Virus Corona

  • Whatsapp
Virus Corona

Di tengah merebaknya wabah virus Corona saat ini, memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebarannya. Diantaranya adalah dengan menerapkan WFH atau bekerja dari rumah, hingga kebijakan terkait dengan meliburkan anak-anak sekolah. Bahkan dihimbau bagi siapa saja untuk menerapkan physical distancing, sehingga nantinya tidak akan mudah tertular dan juga menulari orang lain yang ada di sekitar Anda.

Hal ini juga membuat sebagian besar masyarakat menjadi paranoid, apalagi jika seandainya harus keluar rumah, bahkan hanya untuk sekedar berbelanja berbagai macam kebutuhan rumah tangga di supermarket. Mengingat bagaimanapun sebenarnya belanja ini termasuk dalam aktivitas penting yang harus dilakukan, untuk mencukupi atau memenuhi beragam jenis kebutuhan Anda. Khususnya adalah kebutuhan pokok layaknya bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Anda tetap saja boleh berbelanja ke supermarket di tengah pandemi virus Corona ini, hanya saja agar tetap terjaga agar nantinya tidak tertular penyakit berbahaya tersebut. Maka berikut ini diantaranya tips yang dapat Anda terapkan, yaitu:

  1. Buatlah catatan kebutuhan belanja Anda di kertas secara lengkap, mengapa harus seperti ini? agar nantinya lebih cepat di dalam berbelanja. Sehingga nantinya Anda tidak terlalu lama menghabiskan waktu di dalam supermarket, karena harus mengingat-ingat barang apa sajakah yang harus dibeli. Untuk itu sejak dari rumah catat terlebih dahulu apa yang ingin dibeli.
  2. Sebaiknya hindari berbelanja di jam-jam sibuk, seperti yang diketahui pada jam-jam sibuk ini maka nantinya ada banyak sekali diantara masyarakat yang juga akan berbelanja berbagai macam kebutuhan mereka. Sehingga tidak akan tahu jika seandainya ada yang positif dan menularkan kepada yang lainnya. Untuk itu alangkah baiknya menghindari jam-jam sibuk ketika ingin berbelanja, pilihlah jam-jam sepi saja guna keamanan selama berbelanja.
  3. Hendaknya pergi berbelanja sendiri, riskan sekali berbelanja dengan membawa anggota keluarga yang lainnya di tengah kondisi semacam ini. Apalagi jika itu adalah anak kecil. Karena kemungkinan nantinya mereka akan berkeliaran dan juga menyentuk berbagai macam barang yang belum tentu steril. Untuk itu jika bisa dan jumlah belanjaan juga tidak terlalu banyak, maka usahakan untuk berbelanja kebutuhan pokok tersebut sendiri saja di supermarket.
  4. Senantiasa menggunakan masker, penting juga untuk mencegah agar tidak sampai tertular, maka ada baiknya bagi Anda memakai masker. Tidak harus masker medis, karena nyatanya Anda dapat menggunakan masker kain biasa. Efektifitasnya juga tidak kalah dibandingkan dengan masker medis untuk melindungi dari resiko tertular Covid 19.
  5. Bawalah hand sanitizer, tidak kalah penting hendaknya senantiasa membawa hand sanitizer, sehingga nantinya setelah Anda menyentuh permukaan barang-barang tersebut bisa segera menggunakan cairan yang satu ini, cukup efektif di dalam membunuh kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan.
  6. Segera bersihkan barang belanjaan Anda, sangat mungkin virus penyebab Covid q9 tersebut dapat menempel di barang belanjaan Anda dan nantinya masuk kedalam tubuh. Untuk itu usahakan sesegera mungkin setelah berbelanja, maka langsung membersihkan barang-barang yang dibeli, guna mencegah penyebarannya.
  7. Hendaknya tetap harus menerapkan social distancing ketika berbelanja, jangan dekat-dekat dengan orang lain, apalagi yang terlihat kurang enak badan.

Virus Corona ini sebenarnya termasuk wabah yang tetap bisa ditekan penyebarannya dengan upaya kita sendiri. Dapatkan informasi kesehatan menarik lainnya lewat Halodoc.

Related posts