Membuat Sirup Markisa dengan Pemanis Alami

  • Whatsapp
Sirup Markisa

Meminum sebuah minuman dingin di tengah teriknya matahari merupakan salah satu cara menghilangkan dahaga. Apalagi minuman yang dingin tadi merupakan sirup yang segar seperti halnya sirup markisa. Rasa asam dan manis dan aroma markisa yang khas membuat sirup markisa sangatlah cocok untuk menghilangkan rasa dahaga. Ada banyak sekali merek jenis sirup markisa yang beredar di pasaran, baik ukuran kecil ataupun besar. Akan tetapi tidak semua orang tahu cara membuat sirup markisa. Untuk itu kali ini saya akan membagikan resep cara membuat sirup markisa dengan pemanis alami. Langsung saja, simak baik-baik cara membuat sirup markisa.

Bahan-bahan untuk Membuat Sirup Markisa:

  1. Buah markisa sebanyak 5 buah
  2. Air putih sebanyak satu liter
  3. Gula pasir sebanyak 200 gram

Cara Membuat Sirup Markisa:

  1. Cuci dengan air bersih buah markisa, supaya terhindar dari bakteri yang menempel pada buah markisa tersebut.
  2. Setelah merasa bersih selanjutnya anda belah buah markisa tersebut untuk di ambil bagian dalam buah markisa. Bagian dalam buah markisa berupa kumpulan biji.
  3. Selanjutnya bagian dalam buah markisa yang sudah di ambil tadi di masukan ke dalam blander. Haluskan dengan belandar dengan menggunakan kecepatan sedang saja. Di rasa teksturnya sudah halus tambahkan dengan air sebanyak 200 milliliter, ubah kecepatan blander ke kecepatan tinggi supaya sepat larut ke dalam air.
  4. Sisipkan jus markisa yang baru kita buat tadi. Sekarang siapkan panci dan juga air bersih sebanyak 800 milliliter. Rebus dengan api sedang. Setelah air mendidih anda tambahkan gula pasir sebanyak 200 gram. Aduk sampai merata supaya gula pasir tersebut sempurna larut dalam air.
  5. Bila Gula pasir sudah larut dalam air anda tuangkan sedikit demi sedikit jus buah markisa tersebut. Sambil anda aduk-aduk supaya bisa tercampur dengan sempurna.
  6. Aduk-aduk terus sampai teksturnya berubah menjadi kental. Bila teksturnya sudah mengental dan ada letupan-letupan anda angkat dan diinginkan terlebih dahulu.
  7. Siapkan botol kosong untuk mengisi sirup markisa yang sudah jadi tadi. Sebelum di masukan ke dalam botol sebaiknya cuci bersih dulu botol tersebut.
  8. Bila sirup sudah dingin tinggal anda masukan ke dalam botol bersih tadi
  9. Sirup markisa dengan pemanis alami siap di sajikan

Tips

  1. Gula pasir yang di gunakan untuk membuat sirip markisa bisa anda tambahkan atau di kurangi itu semua tergantung selera anda
  2. Bila tidak ada gula pasir anda juga bisa mengagunkan gula merah sebagai pengganti gula pasir
  3. Bila anda menginginkan aroma buah markisa yang lebih kuat, anda bisa menambahkan buah markisa tersebut. Supaya aroma yang keluar dari sirup yang anda buat lebuh kuat.

Sangatlah mudah bukan cara membuat sirup markisa, tentunya lebih enak dan juga lebih sehat bila kita membuat sirup markisa sendir. Karena kita tahu bahan yang kita gunakan merupakan bahan-bahan alami. Bahkan pemanis yang kita gunakan pun merupakan pemanis alami. Jadi setelah tau cara membuat sirup markisa sendiri mau memilih membeli atau membuatnya sendiri di rumah. Akan tetapi bila anda tidak memiliki waktu kosong untuk membuat sirup markisa di rumah anda tidak usah bingung. Karena sekarang sudah nyak sekali penjual online yang menjual sirup markisa. Salah satunya adalah blibli.com, berbagai sirup markisa ada di situ.

Related posts