Masih Takut Transfer Uang ke Luar Negeri?

  • Whatsapp
Transfer Uang ke Luar Negeri

Bagi sebagian orang, melakukan transaksi transfer uang ke luar negeri dapat menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Sebagian besar kekhawatiran itu disebabkan oleh tingginya biaya yang dikenakan untuk jenis transaksi tersebut. Terutama bagi negara berkembang dengan perekonomian yang terbilang belum maju seperti Indonesia. Dikutip dari money.kompas.com, dalam siaran persnya, Ellan Ciptono sebagai Head of Indonesian Expansion yang mewakili Wise, salah satu perusahaan penyedia teknologi pembayaran dan pengiriman uang antar negara (remitansi) mendata 70 persen responden mengeluhkan tingginya biaya transfer sebagai salah satu kesulitan. Bahkan 89 persennya menyebut biaya transfer yang tinggi sebagai beban. Hal ini barangkali disebabkan oleh rendahkan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara yang popular sebagai tujuan pengiriman.

Data yang disebutkan oleh money.kompas.com itu juga menunjukkan bahwa keluhan lainnya yang disampaikan 77 persen responden adalah mengenai proses pengiriman yang terkesan lambat, terutama di pihak penerima yang harus menunggu datangnya uang tersebut di negara tujuan. Selain itu, 75 persen responden juga menyampaikan ketidaknyamanan dalam prosedur pengiriman yang mengharuskan mereka mendatangi kantor cabang/fisik pada jam kerja dan akhirnya menghambat pekerjaan mereka. 58 persen responden bercerita bahwa mereka harus menyesuaikan jumlah uang yang akan dikirim untuk menghindari tambahan biaya layanan remitansi. Faktor-faktor ini secara signifikan mempengaruhi kemampuan konsumen untuk transfer uang ke luar negeri. Bahkan 43 persen responden cenderung membatalkan transaksi karena kesulitan yang harus mereka hadapi.

Padahal di sisi lain, layanan remitansi yang ada sekarang sudah cukup mempermudah proses transfer uang ke luar negeri. Bisa kita bayangkan kalau untuk keperluan mengirim uang masih menggunakan wesel atau surat menyurat seperti zaman dulu, ada banyak risiko yang bisa terjadi terkait surat yang memuat kuasa pencairan uang kita itu. Mulai dari surat yang rusak, hilang di perjalanan, ataupun kesalahan-kesalahan lain yang akan membuat urusan kita semakin rumit. Lagipula, penggunaan layanan transfer uang ke luar negeri dapat menambah pendapatan negara dan membantu perekonomian. Semakin banyak transaksi yang terjadi, semakin terdorong pula perekonomian negara tersebut. Oleh karena itu, remitansi dapat menjadi sumber pendapatan yang baik bagi negara, terutama negara-negara yang banyak melakukan ekspor tenaga kerja. Hal ini disebabkan karena remitansi membuka peluang bisnis dan pasar yang luas berskala internasional karena kemungkinan transaksi dan pemenuhan kebutuhan untuk masyarakat yang lebih luas juga. Dengan kian banyaknya orang yang menggunakan layanan remitansi, diharapkan kegiatan perekonomian menjadi semakin hidup dan taraf hidup masyarakat pun dapat menjadi semakin sejahtera.

Karena manfaatnya yang cukup signifikan dan luas itu, banyak bank akhirnya berlomba-lomba merancang layanan pengiriman uang lintas negara yang paling menguntungkan dan menarik bagi nasabahnya. Beruntung kini teknologi sudah semakin maju dan kita sudah ada di era digital. Terlebih lagi kian hari urusan apapun dapat dengan mudah kita selesaikan melalui gawai yang ada di genggaman kita. Ada banyak aplikasi yang dirancang khusus untuk mengerjakan tugas tertentu, ataupun yang memiliki beragam fitur untuk berbagai keperluan.

Salah satunya adalah Aplikasi digibank by DBS yang berguna membantu kita dalam urusan perbankan. Aplikasi ini juga menyediakan layanan remitansi yang memiliki keunggulannya tersendiri. Di antaranya adalah:

  • Sistem yang beroperasi 24/7

Sistem yang selalu online memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun tanpa perlu repot-repot datang ke kantor cabang digibank, cukup klik, klik, klik, mengikuti alur yang tersedia di Aplikasi digibank by DBS.

  • Bebas biaya transfer

digibank menyediakan layanan bebas biaya transfer ke lebih dari 20 negara dengan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, dan GBP.

  • FX Rate terkini dan juara

Salah satu kompetisi yang dilakukan oleh bank dalam merancang layanan remitansinya adalah dengan penyesuaian nilai tukar mata uang, dengan FX Rate terkini dapat membuat transfer uang menjadi lebih ringan.

  • Pengiriman super cepat

Kalau pada umumnya transaksi lintas negara melalui proses rumit dan memakan waktu lama, dengan Aplikasi digibank by DBS proses itu dapat dipersingkat dan dipercepat. Bahkan bisa sampai di hari yang sama kalau transaksi dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Kebutuhan komunikasi dan pengelolaan keuangan interlokal yang memadai sudah menjadi konsekuensi dari meningkatnya minat untuk melancong ke luar negeri baik untuk bekerja, berbisnis sekolah, ataupun sekadar liburan. Bahkan peningkatannya kian tahun kian signifikan mengingat perkembangan teknologi juga turut memperluas cakrawala pengetahuan masyarakat dan menumbuhkan rasa ingin tahu akan dunia. Oleh karena itu, kendala-kendala seperti yang disebutkan di awal tulisan ini seharusnya tidak turut menjadi penghambat. Layanan transfer uang ke luar negeri yang tersedia dalam Aplikasi digibank by DBS hadir sebagai solusi yang menjawab keresahan-keresahan masyarakat mengenai praktik remitansi.

Related posts