sumber : akurat.com

Instagram, youtube, soundcloud dan semacamnya merupakan sarana seseorang untuk mengekspresikan diri lewat musik. Memainkan lagu sendiri dengan menyanyikan lagu musisi lain, disebut ‘cover lagu’. Saat ini banyak orang bisa menunjukan kemampuan dan bakatnya lewat cover lagu.

Akan tetapi seringkali kita menemukan cover lagu di youtube atau sosmed lainnya yang tidak memiliki kualitas suara yang cukup bagus. Di zaman sekarang sudah banyak orang mengcover lagu hanya menggunakan smartphone yang merekam suara dari instrumen dan sumber suara lainnya seperti, pemutaran musik dan speaker komputer. Tak semua smartphone atau gadget memiliki range yang lebar dan memiliki microphone bagus, sedangkan kualitas videonya bisa dikatakan cukup bagus, lebih-lebih untuk smartphone keluaran terbaru.

Nah, untuk artikel kali ini kami akan membahas tentang membuat cover lagu dengan fasilitas komputer atau laptop, dan memakai kamera eksternal untuk merekam gambarnya. Jika kamu ingin membuat video cover lagu dengan kualitas bagus, hendaknya siapkan beberapa peralatan di bawah ini agar memiliki video dan sound yang berkualitas. Yuk, simak ulasan di bawah ini!

Kamera

sumber : kliknklik.com

Jika kamu ingin mengcover lagu melalui youtube agar wajahmu dikenal orang banyak, kamu perlu kamera untuk merekam agar kualitas gambar bagus. Bagaimana kalau menggunakan smartphone? Tak perlu khawatir, guys! Kamu bisa menggunakan smartphone dengan kualitas gambar yang cukup bagus dan jangan lupa agar hasilnya bagus seperti kamera sungguhan, kamu bisa set di resolusi tinggi. Kami ingatkan kembali untuk tidak menonaktifkan jaringan dan membuka aplikasi lain agar merekam bisa berjalan lancar.

USB Soundcard

sumber : guitarsquartz.net

USB sound card salah satu alat yang diperlukan untuk mengcover lagu, fungsinya untuk mengubah sinyal analog dari bass ke jaringan digital di laptop atau komputer. Apabila kualitas soundcard yang kamu miliki bagus maka akan bagus dan jernih juga hasil rekamannya. Lalu bagaimana jika kamu tidak memiliki soundcard? Nah, kamu bisa merekamnya menggunakan soundcard dari bawaan komputer atau laptop itu sendiri.

Microphone

sumber : unsplash.com

Seperti yang kita tahu, fungsi microphone untuk menangkap suara vokal. Tetapi microphone juga bisa menangkap langsung suara dari speaker amplifier gitar atau bass untuk suara instrumen agar lebih natural. Tergantung dari spesifikasi soundcard yang kamu gunakan, misalnya kamu memiliki sound card lebih dari satu input yang biasanya bisa digunakan untuk merekam 2 sumber suara sekaligus. Contoh satu untuk instrumen dan satu lagi untuk vokal. Agar terlihat semakin pacar-able di depan kamera kamu bisa cover lagu menggunakan gitar, seperti gitar akustik yamaha.

Mixer

sumber: 123rf.com

Alat yang satu ini diperlukan kalau kamu ingin merekam lebih dari 2 sumber suara. Out dari mixer ini akan dimasukan ke USB soundcard dan output dari mixer merupakan LINE level. So, jangan lupa untuk di setting input soundcard terlebih dahulu agar dapat menerima LINE level.

Supaya lebih praktis lagi, kamu bisa menggunakan mixer yang sudah disediakan dengan USB soundcard. Ada beberapa macam mixer yang sudah dilengkapi dengan soundcard dan harganya pun cukup terjangkau. Tidak ada salahnya jika kamu menambahkan untuk memperbanyak input.

Kabel Instrumen atau kabel XLR

sumber :bhphotovideo.com

Ini bukan sekedar kabel biasa lho, guys! Kabel instrumen ini sangat berpengaruh sekali pada hasil rekaman cover nanti. Untuk kabel yang satu ini kamu tidak perlu bawa ke luar seperti manggung, atau kamu bisa menggunakan kabel XLR agar suara vokal mu semakin bagus! Kabel XLR digunakan untuk menghubungkan antara microphone ke audio interface dan bisa juga untuk studio monitor.

Software untuk edit video

sumber :adobe.com

Tips terakhir yaitu, software editing video untuk menggabungkan antara video dari kamera dan audio dari USB soundcard. Kamu bisa menggunakan aplikasi apa saja seperti final cut pro atau vegas.

Dengan 5 peralatan di atas, semoga kamu bisa menghasilkan video cover yang bagus. Semangat ya!. Baca juga informasi Cara Mudah Dapatkan Pinjam Uang Cepat.