Besarnya kebutuhan energi listrik saat ini mungkin membuat banyak orang bertanya-tanya, apakah sumber energi listrik hanya bisa diperoleh melalui PLN saja? Tentu saja jawabannya tidak. Sebab, diluar sana ada banyak sumber daya yang bisa dimanfaatkan sehingga menghasilkan tenaga listrik. Hanya saja, perlu cara yang rumit dan tidak mudah. Faktor biaya juga berpengaruh terhadap berlangsungnya upaya ini.

Nah, bagi perusahaan-perusahaan besar atau industri yang tidak bisa lepas dari listrik, sudah pasti akan memikirkan bagaimana cara supaya pasokan listriknya tidak terganggu, terutama saat aliran listrik terhenti tiba-tiba. Salah satunya dengan menggunakan jasa sewa genset terpercaya.

Genset adalah salah satu perangkat supply energi listrik yang memanfaatkan bahan bakar bensin. Ukuran kapasitasnya beragam tergantung kebutuhan. Bagi Anda yang kebingungan dengan kapasitas genset yang akan digunakan, lebih baik hitung terlebih dulu kebutuhan energi listrik perusahaan Anda. Kemudian, konversi dengan nilai rumus kW yaitu kVA kali power factor. Ingat, sistem kelistrikan yang dihasilkan oleh genset tidak pernah 100% efisien, sehingga jangan pilih kapasitas sama persis dengan kebutuhannya. Pada umumnya, genset memiliki power factor sebesar 80%. Jika masih bingung, jangan ragu untuk konsultasi dengan perusahaan penyedia rental genset terpercaya di Sewatama.

Meskipun genset menjadi solusi pasokan energi listrik dengan kapasitas yang bisa disesuaikan, namun masih ada lagi alternatif cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada. Terutama bagi industri yang bekerja dibidang pengeboran minyak lepas pantai pasti bisa memanfaatkan sumber daya yang ada untuk memproduksi listrik secara mandiri. Dengan demikian, bisa meminimalisir pembiayaan listrik.

Fakta tersebut sesuai dengan data yang diperoleh dari National Ocean Economics Program (NOEP) dimana beberapa proyek offshore di Amerika Serikat dan Eropa telah mengembangkan sumber energi terbarukan guna menghasilkan energi listrik. Namun, tentu saja bukan langkah mudah untuk memulainya. Pasalnya, Anda membutuhkan konsultan pembangkit listrik yang ahli dibidangnya dan berpengalaman tentunya. Ditambah lagi, perlu pertimbangan apakah cara ini lebih efisien atau memerlukan biaya lebih tinggi ketimbang menggunakan genset.