Penyakit stroke mungkin sudah tidak terlalu asing lagi di telinga kita. Karena tak jarang ada beberapa orang di sekitar kita yang menderita penyakit ini. Stroke sendiri sebenarnya merupakan kondisi dimana pasokan darah yang menuju ke otak terputus karena ada penyumbatan atau pecahnya darah. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan sel-sel pada sebagian area otak mengalami kematian. Serangan stroke bisa terjadi kapan saja tanpa pandang usia maupun jenis kelamin. Jika seseorang mengalami serangan stroke, butuh penanganan sesegera mungkin agar resiko yang terparah seperti kematian bisa dihindari. Untuk penanganan medis, penderita stroke biasanya akan ditangani oleh dokter spesialis saraf atau neurologis. Banyak dokter spesialis saraf di Bogor maupun di kota-kota lainnya pada berbagai rumah sakit – rumah sakit, sehingga cukup memudahkan bagi mereka yang membutuhkan pertolongan terkait kondisi stroke yang diderita.

Tindakan pertolongan yang cepat pada seseorang yang mengalami serangan stroke akan meminimalisir terjadinya kerusakan pada otak, serta mencegah dari resiko kematian. Penyakit stroke sendiri biasanya menyerang pada orang usia lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan juga bisa menyerang pada kaum muda. Ada dua jenis stroke yang bisa menyerang manusia, yaitu stroke ringan dan stroke berat. Kedua jenis stroke ini memiliki penyebab, gejala, dan cara penyembuhan yang berbeda. Namun untuk gejala-gejala awal, baik itu stroke ringan maupun stroke berat sama-sama menunjukkan hal yang sama.

Adapun gejala-gejala yang stroke yang muncul dan perlu Anda waspadai, yaitu:

  • Rasa sakit kepala yang hebat dan tiba-tiba.

Jika Anda mengalami rasa sakit kepala hebat yang terjadi secara tiba-tiba, kemungkinan ini merupakan gejala stroke sementara. Karena seseorang yang mengalami vertigo cenderung beresiko tinggi terkena stroke. Dimana akan merasakan sakit kepala hebat disertai dengan kehilangan keseimbangan.

  • Kesulitan untuk menelan.

Gejala ini biasa ditemukan pada orang yang terkena stroke berat. Dimana fungsi tenggorokan sudah tidak elastis lagi sehingga penderita kesulitan dalam menelan makanan. Hal inilah yang sering membuat penderita akan menjadi lebih kurus dan pola makannya pun berubah.

  • Susah berbicara.

Stroke ringan akan menyebabkan kelumpuhan pada saraf wajah dan akhirnya mengganggu kemampuan berbicara. Biasanya penderita akan cenderung cadel atau bahkan tidak bisa berbicara sama sekali.

  • Hilangnya penglihatan secara tiba-tiba.

Gejala lainnya yang akan ditemukan pada penderita stroke adalah hilangnya penglihatan secara tiba-tiba. Maka dari itu, jika mengalami penglihatan kabur selama beberapa saat, segera bawa ke dokter untuk mengetahui kondisi lebih lanjut.

  • Mengalami kelumpuhan badan.

Kelumpuhan badan bisa menjadi salah satu gejala pada stroke ringan maupun berat. Kelumpuhan pada satu bagian tubuh biasanya terjadi setelah mengalami serangan stroke.

  • Rasa mual dan muntah.

Selain kelumpuhan badan, seseorang yang mengalami mual dan muntah juga bisa menjadi gejala terkena serangan stroke. Terlebih jika diikuti dengan gejala lainnya berupa sakit kepala hebat.

Nah, itu tadi beberapa gejala stroke yang perlu Anda ketahui, baik itu untuk stroke ringan maupun stroke berat. Jika Anda maupun orang terdekat mengalami berbagai gejala tersebut, segera berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf di Bogor maupun dokter saraf di kota-kota lainnya agar tidak terlambat. Karena dari gejala-gejala yang muncul tadi jika tidak ditangani dengan baik, dikhawatirkan akan semakin memburuk. Mengingat stroke merupakan penyakit yang berbahaya, maka sebaiknya hindari sedini mungkin dengan melakukan pola hidup sehat, seperti dengan berolahraga secara rutin dan mengkonsumsi makanan sehat rendah lemak.