Cara Mendapatkan Promo Tiket Pesawat Murah Untuk Hari Raya

  • Whatsapp
Cara Mendapatkan Promo Tiket Pesawat Murah Untuk Hari Raya

Suatu promo tiket pesawat murah sangat cepat habisnya. Hal ini karena dengan tiket pesawat yang murah bisa menghemat pengeluaran. Apalagi tiket promo ketika hari raya. Menjelang hari raya tiket pesawat menjadi semakin mahal. Hal ini tentu memiliki alasan. Simak penjelasan berikut mengenai alasan tiket pesawat mahal pada saat hari raya serta 8 cara mendapatkan tiket murah saat lebaran.

Alasan Tiket Pesawat Mahal Ketika Hari Raya

Pesawat merupakan salah satu alat transportasi yang diminati oleh masyarakat untuk bepergian dengan alasan waktu yang diperlukan agar sampai ke tempat tujuan lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis transportasi lainnya. Salah satu pertanyaan di kalangan masyarakat yaitu mengapa harga tiket pesawat pada saat hari raya menjadi mahal? Nah, hal ini tentunya bukanlah tanpa alasan.

Di dalam suatu hukum permintaan, jika harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan. Namun, jika harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami suatu peningkatan. Pada kenyataannya, meskipun harga tiket sangat mahal, permintaan pada hari raya tetap semakin tinggi.

Sebab mau tidak mau masyarakat yang mayoritas adalah perantau harus membelinya supaya bisa pulang bertemu dengan keluarga maupun saudaranya di kampung halaman. Harga tiket pesawat fluktuatif. Maksudnya yaitu harga di pagi hari berbeda dengan harga di siang hari, di malam hari serta harga dini hari.

Jadi, masyarakat harus pintar-pintar di dalam mengetahui pola maskapai serta mencari tiket pesawat pada waktu yang tepat. Namun, sangat membuang-buang waktu karena harus setiap saat untuk mengakses jaringan internet serta mengganggu jam tidur. Harga yang bersifat fluktuatif tersebut bisa menjadi suatu celah bagi oknum-oknum yang ingin memanfaatkan situasi dan memperoleh keuntungan lebih.

Jika tiket pesawat yang murah atau promo sudah habis dibooking oleh para calo atau para agen travel nakal, maka yang nampak adalah seolah-olah tiket telah habis terjual. Seakan tiket langka di hari tersebut, jadi harga tiket yang diberikan kepada calon penumpang menjadi melambung tinggi. Ada yang naik pesawat sama dengan fasilitas yang sama, namun harga yang diberikan berbeda bisa jadi karena hal tersebut.

Hal seperti ini bisa juga merupakan bagian dari strategi bisnis suatu perusahaan maskapai. Sebab bagaimanapun caranya perusahaan-perusahaan maskapai tersebut tidak mau rugi dan harus bisa tetap bertahan. Jadi, alangkah baiknya jika pihak maskapai menjelaskan secara rinci kepada masyarakat mengenai penyebab naiknya harga tiket pesawat di hari hari raya.

Selain itu juga memberitahukan tentang bagaimana mekanisme serta kuota promo tiket pesawat murah di dalam 1 kali penerbangan supaya masyarakat tidak menjadi merasa dibeda-bedakan. Dengan penjelasan secara rinci tentu akan membuat masyarakat menjadi tidak merasa dikecewakan.

8 Cara Mendapatkan Tiket Murah Saat Lebaran

Terdapat 8 cara mendapatkan tiket murah saat lebaran yang bisa Anda coba lakukan, antara lain yaitu:

  • Memilih Maskapai yang Tepat

Ada hal lain yang mempengaruhi harga tiket selain dari jadwal keberangkatan yaitu jenis maskapai. Anda bisa memperoleh tarif murah pada maskapai jenis low cost carrier atau LCC jika membeli tiket lebih awal. Pada saat mendekati hari raya, harga tiket pesawat jenis LCC cenderung bertarif mahal. Beberapa maskapai jenis LCC yang ada di Indonesia yaitu Citilink, Lion Air serta Indonesia AirAsia.

Jika Anda ingin mencoba maskapai jenis full service, maka bisa membeli tiketnya tepat pada hari raya. Pada penerbangan ini maskapai justru memberikan harga tiket pesawat lebih murah jika dibandingkan dengan maskapai LCC. Contoh dari maskapai full service yaitu Sriwijaya Air, Garuda Indonesia serta Batik Air.

  • Memesan Tiket Lebih Awal

Sekitar 55% pemesanan tiket pesawat menurut data dari Kementerian Perhubungan terjadi pada suatu rentang waktu antara 30 hingga 60 hari sebelum lebaran. Namun, dengan jumlah tidak kurang dari 90% tiket pesawat promo sudah ludes dalam suatu hitungan menit.

Salah satu tips untuk bisa memperolehnya yaitu memesan tiket dengan lebih awal. Anda bisa memulai perburuan tiket yaitu sekitar 50 hingga 60 hari sebelum hari raya. Pada saat tersebut masih terdapat banyak tiket pesawat promo untuk lebaran. Jika perlu cek secara rutin website atau aplikasi yang menawarkan harga tiket termurah.

  • Mencari Tiket Online

Pembelian tiket pesawat kini juga bisa melalui suatu agen travel online. Ada berbagai macam promo tiket murah yang ditawarkan oleh agen-agen tersebut, terutama pada saat menjelang lebaran. Namun, Anda bisa memperoleh penawaran terbaik dengan cara mengunjungi beberapa website agen travel tiket pesawat online, lalu membandingkan perbedaan harganya.

Melakukan hal ini tentunya cukup menyita banyak sekali waktu. Untuk mempermudahnya ada aplikasi atau alamat web yang memiliki fitur berupa Info harga misalnya Skyscanner.  Jadi, perbandingan tarif harga bisa dilihat dari berbagai jenis maskapai. Dengan cara seperti ini, Anda bisa memperoleh tiket murah meskipun tidak sedang ada promo.

  • Memesan Tiket dalam Jumlah Sedikit

Biasanya promo tiket murah yang tersedia pada suatu maskapai kategori pasangan serta kategori tunggal. Pada saat Anda memilih pemesanan di dalam jumlah yang banyak, nominal harga yang ada akan berubah keterangan menjadi sold out. Jadi sebaiknya saat pembelian tiket dengan jumlah satu atau dua tiket saja. Kemudian bisa memesan lagi untuk yang lainnya. Maka nanti yang muncul adalah penerbangan yang sama dengan data maskapai, rute hingga jadwal keberangkatan.

  • Memilih Penerbangan Jelang Dini Hari

Penerbangan yang mayoritas lebih disukai oleh masyarakat yaitu pada waktu siang hari ataupun pada sore hari. Padahal, terdapat beberapa jenis maskapai yang juga memberangkatkan pesawat pada waktu jelang dini hari. Namun, peminat penerbangan pada waktu tersebut sedikit, jadi tiket yang dijual memiliki harga murah. Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menghemat biaya mudik.

  • Melakukan Pemesanan Tiket di Malam Hari

Sangat sedikit yang melakukan pemesanan tiket dengan jadwal di tengah malam hari. Kesempatan seperti ini bisa Anda pakai untuk memperoleh tiket murah. Ada beberapa maskapai jenis LCC yang biasanya membuka penjualan tiket promo yaitu pada pukul sekitar 23.00.

  • Menggunakan Rute Alternatif

Terdapat 2 jenis rute penerbangan yang ada pada satu maskapai dengan tujuan yang sama. Diantaranya yaitu direct fligth serta connecting. Jika Anda merasa sulit memperoleh tiket murah pada suatu penerbangan langsung atau direct fligth, maka pilih saja suatu jalur alternatif atau connecting flight.

  • Mencari Kursi Tambahan dari Berbagai Maskapai

Beberapa maskapai sering menambah kursi lewat extra flight pada saat musim mudik lebaran. Jumlah penumpang pesawat pasalnya mengalami peningkatan yang signifikan pada saat tersebut.

Demikian penjelasan mengenai alasan tiket pesawat mahal ketika hari raya dan 8 cara mendapatkan tiket murah saat lebaran. Memang promo tiket pesawat murah untuk hari raya cepat sekali habisnya. Jadi, Anda harus senantiasa update mengenai informasi terbaru terkait hal tersebut.

Related posts