Cara Memesan Tiket Kereta di Traveloka

  • Whatsapp
Cara Memesan Tiket Kereta di Traveloka

Di era digital ini, hampir semua hal dan aktivitas bisa dilakukan secara online atau lewat jaringan internet. Tidak terkecuali memesan tiket kereta api. Kalau dulu kita harus datang ke stasiun kereta api terdekat dan mengantri untuk membeli tiket, kini kita sudah bisa melakukannya melalui smartphone kita. Salah satu caranya adalah memesan tiket kereta api lewat aplikasi Traveloka. Traveloka mungkin sudah tidak asing bagi kalian. Ini adalah aplikasi booking online populer di Indonesia yang kini sudah bekerja sama dengan PT. KAI. Lalu, bagaimana cara pesan tiket kereta online di Traveloka?

Pastinya, kalian harus punya dulu aplikasi Traveloka di smartphone kalian. Kalian bisa mengunduh aplikasinya di Google Store atau Apple Store. Atau kalian juga bisa langsung mengakses website resmi Traveloka lewat PC kalian. Setelah aplikasi Traveloka sukses terinstall di smartphone kalian, buka aplikasinya dan pilih menu tiket kereta api. Setelah itu, ada beberapa hal yang harus kalian isi. Seperti stasiun asal dimana kalian akan berangkat, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang yang akan ikut bepergian. Selanjutnya, klik cari untuk mengetahui tiket kereta api yang tersedia, kelas kereta api, dan juga harga tiket kereta untuk setiap kelas. Kalian juga bisa mengetahui jadwal keberangkatan kereta api yang tersedia.

Setelah itu, akan muncul ketersediaan kereta api yang bisa kalian pilih. Di Traveloka, ada beberapa fitur yang bisa kalian gunakan. Seperti fitur urutkan dimana kalian bisa mengurutkan tiket kereta berdasarkan harga terendah ke harga tertinggi atau sebaliknya, jadwal keberangkatan kereta, durasi, dan lain-lain. Kemudian ada fitur filter yang bisa kalian gunakan untuk melihat ketersediaan tiket kereta dengan lebih detail, seperti nama kereta, waktu keberangkatan, dan lain-lain. Jika kalian ingin mengganti tanggal, gunakan saja fitur tanggal lain tanpa harus kembali ke menu awal. Sangat praktis, bukan? Kalian hanya perlu menggunakan fitur yang kalian butuhkan dan pilih tiket kereta sesuai yang kalian inginkan.

Sudah memilih tiket kereta yang kalian inginkan? Jika sudah, kalian harus mengisi data-data pribadi yang diperlukan. Ada 2 data pribadi yang harus kalian isi, yaitu data pemesan dan data penumpang. Untuk data pemesan, data pribadi yang harus diisi hanya nama, nomor telepon, dan alamat e-mail. Sedangkan untuk data penumpang, data yang harus kalian isi adalah nama, titel seperti nyonya atau tuan, dan kartu identitas kalian beserta nomornya. Untuk kartu identitas, isilah sesuai dengan kartu identitas yang akan kalian tunjukkan saat boarding di stasiun nanti. Kalian bisa menggunakan KTP, SIM, Passport, dan lain-lain. Dengan begini, kalian tidak akan mengalami masalah saat boarding.

Setelah memastikan semua data telah terisi, klik simpan dan kalian bisa memilih kursi. Fitur pilih kursi ini tersedia untuk semua kelas kereta api, kecuali ekonomi. Jika kalian ada preferensi tempat duduk, silahkan gunakan fitur pilih kursi ini. Jika tidak, kalian langsung lanjut ke langkah berikutnya, yaitu pembayaran. Saat kalian klik lanjutkan ke pembayaran, akan ada detail tentang jumlah harga yang harus kalian bayarkan. Klik tombol lanjutkan ke pembayaran lagi. Di halaman pembayaran, ada beberapa pilihan metode pembayaran yang bisa kalian pilih. Seperti melalui transfer, kartu kredit, ATM, dan lain-lain. Setiap pilihan pembayaran memiliki batas waktu pembayaran yang berbeda-beda.

Setelah kalian memilih metode pembayaran beserta banknya, akan ada jumlah tagihan yang harus kalian bayar. Tagihan tersebut biasanya ada penambahan biaya seperti biaya admin dan juga pengurangan biaya seperti diskon atau promo. Pastikan kalian membayar total tagihan sama persis dengan total tagihan yang tertera di aplikasi Traveloka. Pastikan angka tagihan sama persis sampai digit terakhir, sehingga kalian tidak akan mengalami masalah. Jika kalian sudah membayar, klik tombol sudah bayar dan kalian hanya harus menunggu sampai e-ticket kalian terbit. Kalian akan mendapatkan pemberitahuan lewat SMS atau email saat e-ticket kalian sudah terbit. Dan selesai! Mudah dan praktis sekali kan memesan tiket kereta lewat Traveloka? Sudah siap bepergian?

Related posts